Mengapa Google, Yahoo!, Tesla, SpaceX, ATandT, Pfizer, Instagram, eBay, WhatsApp, dan ribuan perusahaan sukses lainnya?
Perusahaan ini didirikan oleh pengusaha imigran.
Pertanyaannya, apakah imigran lebih baik dan lebih sukses dibandingkan pengusaha lokal? Saya kira demikian! Mengapa?
Karakteristik yang dikembangkan para imigran untuk beradaptasi dengan negara baru sama dengan karakteristik yang membantu wirausaha sukses: Rasa petualangan, tekad, keberanian, dan visi unik tentang kesenjangan pasar. Pengusaha sukses beradaptasi dengan lingkungan global yang selalu berubah. Demikian pula, para imigran harus beradaptasi dengan budaya baru, pasar baru, dan undang-undang baru ketika mereka meninggalkan rumah untuk menjelajahi dunia baru.
Sifat lain yang diamati pada wirausahawan dan imigran adalah ketekunan – seiring berjalannya waktu, keduanya sering kali mengembangkan ketahanan yang dibutuhkan untuk sukses. Seorang pengusaha berurusan dengan pajak, seorang imigran berurusan dengan visa. Dunia usaha menghadapi izin dan undang-undang, sementara imigran menghadapi pengawasan ketat dari undang-undang imigrasi. Pengusaha visioner sering kali memandang imigran sebagai orang luar.
Para imigran memiliki peluang yang lebih kecil dibandingkan penduduk lokal, sehingga mereka harus mengembangkan kewirausahaan untuk mencari nafkah di negara barunya. Mungkin ungkapan paling penting yang ditemukan di kalangan pengusaha dan imigran adalah ungkapan yang sering dikaitkan dengan Hernán Cortez, “Bakar perahunya!”
Para imigran sangat bersyukur atas kesempatan untuk memulai hidup baru sehingga mereka benar-benar “membakar kapal”, yang berarti mereka tidak pernah menoleh ke belakang, mengobarkan semangat membara mereka untuk menang. Sebagai wirausaha, para imigran seringkali tidak punya pilihan; entah mereka menang atau mereka “mati”.