“eBay adalah seekor hiu di lautan. Kami adalah buaya di sungai Yangtze. Jika kami bertarung di lautan, kami jelas akan kalah. Tapi jika kami bertarung di sungai, kami akan menang.”
Jack Ma (CEO Alibaba) berbicara dengan tegas. Pada saat itu, Alibaba (atau Taobao) masih berkembang, namun eBay sudah menjadi perusahaan yang stabil dengan penjualan global lebih dari $2 miliar.
eBay memasuki pasar Cina. Bagaimana Alibaba bersaing? Saya merasa Jack Ma mengetahui budaya Tiongkok lebih baik daripada eBay. Inilah salah satu kekuatan terbesar Jack Ma.
Kisah sukses perusahaan Anda terletak pada kemampuan Anda menginspirasi orang lain. Meski belum pernah menulis judul, dia adalah CEO salah satu perusahaan teknologi paling berpengaruh di Tiongkok.
Dengan mengingat hal ini, orang bertanya-tanya bagaimana reaksi budaya Tiongkok terhadap eBay. Anda telah memperhatikan bahwa eBay membebankan biaya kepada pengguna untuk mencantumkan produk dan layanan yang mereka jual.
Dengan ketentuan tersebut, Alibaba akan memberikan layanan serupa secara gratis. Ini adalah strategi predatory pricing.
*Predatory pricing adalah salah satu bentuk strategi yang dilakukan oleh pelaku usaha dalam menjual produk dengan harga yang sangat rendah, yang tujuan utamanya untuk menyingkirkan pelaku usaha pesaing dari pasar dan juga mencegah pelaku usaha yang berpotensi menjadi pesaing untuk masuk ke dalam pasar yang sama.
Tanggapan eBay saat itu adalah… tidak melakukan apa pun
Mereka hanya berkomentar pendek
Kehilangan uang bukanlah model bisnis kami
Tapi, eBay ternyata salah.
Faktanya, kehilangan uang adalah model bisnis terbaik yang bisa diadopsi Alibaba. Pada titik ini, Ma tahu bahwa kariernya telah dimulai. Dia tahu bahwa orang Tiongkok sangat menghargai harga, terutama untuk layanan/produk yang sama, dan jika dia bisa membuat orang-orang memihak mereka, dia akan mendapatkan keuntungan.
Segera setelah itu, eBay memutuskan untuk meninggalkan Tiongkok dan Alibaba mengambil alih posisi teratas. Alibaba menang.
Pada akhirnya, kisah perusahaan dan para pendirinya penting tidak hanya untuk motivasi, tetapi juga karena kisah mereka memberikan informasi yang dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti:
Bagaimana cara untuk menjadi sukses?
Jika Anda tertarik, saya akan memberi tahu Anda kabar baik tentang Alibaba. Saya harap Anda menikmati ceritanya.
Fakta menarik tentang Alibaba:
- Alibaba Taobao secara global adalah salah satu dari 20 situs yang paling sering dikunjungi.
- Alibaba adalah perusahaan yang mendirikan jaringan Hema Supermarket.
- Taobao yang diceritakan pada kisah ini dulunya adalah proyek rahasia Alibaba.
- Alibaba dimulai di apartemen Jack Ma.
- Tim penjualan pertama Alibaba adalah sekelompok petani.