Sign Up to our social questions and Answers Engine to ask questions, answer people’s questions, and connect with other people.
Login to our social questions & Answers Engine to ask questions answer people’s questions & connect with other people.
Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.
Please briefly explain why you feel this question should be reported.
Please briefly explain why you feel this answer should be reported.
We want to connect the people who have knowledge to the people who need it, to bring together people with different perspectives so they can understand each other better, and to empower everyone to share their knowledge.
Apa contoh marketing cerdik yang sudah pernah diterapkan?
Salah satunya ya yang pernah dilakukan oleh mendiang Bob Sadino. Jadi pada waktu Bob Sadino awal merintis Kem Chicks, ia biasa menawarkan dagangannya ke perumahan mewah.[1] Pada umumnya, para pedagang sayur sebisa mungkin menghindari pembeli cerewet. Namun, Bob Sadino yang nyleneh ini justru sebalikRead more
Salah satunya ya yang pernah dilakukan oleh mendiang Bob Sadino.
Jadi pada waktu Bob Sadino awal merintis Kem Chicks, ia biasa menawarkan dagangannya ke perumahan mewah.[1]
Pada umumnya, para pedagang sayur sebisa mungkin menghindari pembeli cerewet. Namun, Bob Sadino yang nyleneh ini justru sebaliknya. Ia dengan sengaja menemui ibu-ibu paling cerewet seantero kemang.
Di suatu waktu, Bob dengan sengaja menjual sepuluh telur dengan menyelipkan dua telur busuk diantara telur tersebut. Keesokan harinya, ibu yang cerewet itu dengan marah menunggu Bob datang untuk memarahinya. Ibu itu sangat marah karena mendapati telur yang dibelinya busuk.
Namun, Bob sudah mempersiapkan ini semua dan ini adalah strategi marketingnya yang sangat cemerlang.
Dengan tenang ia menghadapi ibu cerewet itu dan mengatakan bahwa ia akan mengganti dua telur busuk itu dengan dua puluh telur baru.
Terkejut dengan penawaran sensasional itu, tentu wajah ibu tersebut langsung berubah menjadi senang. Dan karena ibu tersebut merupakan orang yang cerewet, tentu saja ia tak tahan untuk tidak menceritakan pengalaman pelayanan Bob Sadino yang luar biasa karena mau mengganti dua butir telur busuk dengan dua puluh telur baru.
Bob Sadino yang cerdik pun mendapatkan marketing word of mouth ke sekeliling area mewah hanya dengan bermodal dua puluh telur.
Ternyata hal ini juga tidak hanya pernah dilakukan oleh Bob Sadino.
Domino’s Pizza dulu memiliki tagline “Pizza hot and fresh to your door in 30 minutes…. or less or it’s free”.
Sebagai bentuk strategi pemasaran yang sensasional, perusahan pizza ini dulu sering dengan sengaja membuat keterlambatan satu menit[2] . Padahal banyak orang akan mentoleransi keterlambatan satu menit. Namun, sesampainya di tujuan, sang pengantar pizza mengatakan, “Maaf pak, hari ini kami terlambat satu menit jadi pizza ini kami berikan secara gratis.”
Dengan strategi seperti itu, konsumen akan sangat puas sekali dengan pelayanan Domino’s Pizza dan akhirnya berdampak pada pengulangan pembelian dan word of mouth yang akan mereka berikan ke rekan-rekannya.
Catatan Kaki
[1] Strategi Telur Busuk Bob Sadino
See less[2] How Domino’s ’30 Minutes Or Less’ Guarantee Resulted In A $78 Million Lawsuit
Jika aturan perang yang dirumuskan oleh Konvensi Jenewa berlaku, mengapa perang masih ada?
Karena Konvensi Jenewa nggak pernah melarang perang… Yang diatur dalam Konvensi Jenewa adalah "aturan main" internasional dalam sebuah pertempuran. Seperti bagaimana cara memperlakukan tawanan perang, bagaimana memperlakukan orang sipil, bagaimana memperlakukan petugas medis lapangan, gencatan senjaRead more
Karena Konvensi Jenewa nggak pernah melarang perang…
Yang diatur dalam Konvensi Jenewa adalah “aturan main” internasional dalam sebuah pertempuran. Seperti bagaimana cara memperlakukan tawanan perang, bagaimana memperlakukan orang sipil, bagaimana memperlakukan petugas medis lapangan, gencatan senjata, jenis senjata dan amunisi yg diperbolehkan dan dilarang dalam sebuah pertempuran dll. Intinya Konvensi Jenewa hanya mengatur bagaimana caranya agar rasa kemanusiaan masih ada di dalam sebuah peperangan.
Beberapa pihak yg terlibat pertempuran memang nggak sedikit yg melanggar aturan main ini. Dan tentunya ada sanksi bagi pihak yg melanggar dan akan diadili di Mahkamah Internasional.
Sedikit saya terangkan tentang Konvensi Jenewa.
Konvensi Jenewa sendiri tidak serta merta dirumuskan pada saat yg bersamaan dan biasanya merujuk pada hasil Konvensi pada tahun 1949. Namun bukan berarti Konnvensi Jenewa belum ada sebelum tahun 1949.
Tercatat Konvensi Jenewa pernah empat kali dirumuskan
Dan masih ada tambahan tiga protokol amandemen selain keempat hasil perjanjian di atas, yaitu :
Jadi Konvensi Jenewa dibuat agar hak² dari korban perang baik dari kaum militer maupun sipil bisa lebih terjamin…
kalau anda menganggap Konvensi Jenewa itu melarang peperangan di muka bumi ini, anda salah besar.
See lessBagaimana cara kamu memonetisasi/ menghasilkan uang dari video yang berada di blog?
Cara untuk dapat memonetisasi atau menghasilkan uang dari video yang berada di blog kita bisa memakai 2 cara: yang pertama: kita bisa mengupload video tersebut ke youtube dulu, kemudian youtubenya dimonetisasikan, setelah itu tinggal kita linkkan ke blog atau website kita, jika cara ini tedak berhasRead more
Cara untuk dapat memonetisasi atau menghasilkan uang dari video yang berada di blog kita bisa memakai 2 cara:
yang pertama: kita bisa mengupload video tersebut ke youtube dulu, kemudian youtubenya dimonetisasikan, setelah itu tinggal kita linkkan ke blog atau website kita, jika cara ini tedak berhasil jgn menyerah dulu, saya bagi tau cara ke dua hehe.
cara yang kedua: Memakai monetisasi dari adsterra network, di adsterra kita dapat memonetisasikan video kita dalam blog atau website, dengan cara memakai iklan ad tag yang namanya vast, di adsterra sendiri sudah disediakan iklan monetisasi video yang dapat di monetisasikan kedalam video di blog atau website, saat ada nantinya yg memutar video, automatis nantinya akan muncul iklan.
sekian dari saya, moga bermanfaat
Catatan Kaki
[1] Adsterra
See lessApa saja contoh marketing “gimmick” paling menarik yang kamu tahu?
Banyaaak sekali marketing gimmick yang menarik di indonesia. Tapi di sini saya akan membahas yang menurut saya sangat impactful dan berhasil merubah behaviour target khalayak luas di Indonesia. Yaitu Halal Marketing. Apa itu halal marketing? Menurut pandangan pribadi saya, halal marketing adalah memRead more
Banyaaak sekali marketing gimmick yang menarik di indonesia. Tapi di sini saya akan membahas yang menurut saya sangat impactful dan berhasil merubah behaviour target khalayak luas di Indonesia. Yaitu Halal Marketing.
Apa itu halal marketing?
Menurut pandangan pribadi saya, halal marketing adalah memberikan label halal pada sebuah produk/jasa untuk menyakinkan khalayak bahwa produk/jasa tersebut mengikuti aturan/tata cara halal atau syariat Islam.
Fenomena halal marketing itu meledak ketika Wardah memperkenalkan produk kosmetik halal pada kisaran 2010–2012. Sebelumnya Wardah pernah menggunakan gimmic serupa pada kisaran tahun 2004–2006 namun belum berhasil.
Kesuksesan itu meningkatkan penjualan kosmetik Wardah berkali-kali lipat. Pokoknya banyak banget. Sampai positioning kosmetik halal begitu kuat dan melekat pada produk Wardah. Jadi jangan heran kalau melihat di toko kosmetik ada SPG Wardah yang menggunakan seragam dengan kerudung sedangkan kosmetik lain masih dengan tampilan seperti SPG lainnya.
Entah bagaimana, setelah meledaknya halal marketing, hampir semua produk/jasa diberikan label halal untuk menarik perhatian khalayak, terutama masyarakat beragama Islam. Dari produk yang relevan sampai tidak relevan seperti:
Semoga tidak ada lagi produk yang tidak relevan dengan terms halal tapi tetap dikasih label hala. Buat apa…
See lessApa pentingnya konsep “brand love” pada pemasaran?
Kalau aku pribadi sih konsep brand love itu merupakan Terobosan baru untuk mengukur hubungan emosional antara brand dan konsumen. Brand love ini termasuk elemen penting dalam pemasaran karena brand love ini dapat menimbulkan keinginan untuk Brand re-purchase yang lebih tinggi, kemampuan membayar denRead more
Kalau aku pribadi sih konsep brand love itu merupakan Terobosan baru untuk mengukur hubungan emosional antara brand dan konsumen. Brand love ini termasuk elemen penting dalam pemasaran karena brand love ini dapat menimbulkan keinginan untuk Brand re-purchase yang lebih tinggi, kemampuan membayar dengan harga yang lebih tinggi. Brand love kenapa penting dalam pemasaran atau marketing karena memiliki korelasi positif dengan brand loyalty dan word of mouth.
Nah kalau menurut Ahuvia dan Carrol brand love itu sebagai tingkatan keterikatan emosional yang dimiliki konsumen yang puas terhadap suatu produk tertentu. Contoh mudah yang kita ambil gadget iPhone dengan Harga yang begitu tinggi aja termasuk salah satu yang lari di pasaran karena apa ? Ya itu tdi pengaruh brand love yang begitu penting.
See lessApa contoh gaya marketing ‘nyeleneh’ yang ternyata berhasil?
Memasarkan produk dengan cara menaikkan harga 3 kali lipat dan membagikan produk secara gratis... Ini cerita dari pendiri Aqua, salah satu perusahaan terbesar Indonesia yakni Tirto Utomo. Mengawali karir bekerja di perusahaan asing, pria kelahiran 9 Maret 1930 ini mengawali inisiasinya membuat air mRead more
Memasarkan produk dengan cara menaikkan harga 3 kali lipat dan membagikan produk secara gratis…
Ini cerita dari pendiri Aqua, salah satu perusahaan terbesar Indonesia yakni Tirto Utomo.
Mengawali karir bekerja di perusahaan asing, pria kelahiran 9 Maret 1930 ini mengawali inisiasinya membuat air minum kemasan tatkala banyak tamu dari luar negeri yang berkunjung ke Indonesia namun kemudian mengeluh mengenai air minum yang disajikan. Tamu-tamu tersebut merasa bahwa air minum yang disajikan tidak enak dan mengakibatkan beberapa dari mereka mengalami sakit perut.
Maklum saja, air minum yang disajikan pada saat itu bukanlah air minum kemasan seperti sekarang ini karena belum adanya air minum kemasan, melainkan air tanah yang direbus secara tradisional. Tak pelak bau tanah pun masih terasa.
Tirto yang kala itu sering ditugaskan untuk ke luar negeri pun sering melihat ada nya air ineral dalam botol yang dikonsumsi secara bebas. Dari sinilah ide untuk memuat air putih kemasan di Indonesia berasal, pasalnya di Indonesia belum ada.
Tirto memutuskan untuk mengetahui secara langsung tentang cara membuat air minum kemasan ke negeri gajah putih, Thailand. Namun, salah satu petinggi militer Indonesia, Ibnu Sutowo sempat meremehkannya.
Akan tetapi sang pendiri Aqua ini tidak lantas mengurungkan niatnya membuat air minum kemasan di Indonesia. Setelah dia mengetahui cara membuat air minum kemasan ia lantas keluar dari perusahaan air asing tempat ia bekerja dan mulai mendirikan pabriknya di Bekasi ada tahun 1973 tepatnya tanggal 23 Februari dengan nama perusahaan PT. Golden Mississippi yang kemudian berubah menjadi PT. AQUA Golden Mississippi.
Percobaan produksi dimulai pada agustus 1974 dengan produk pertamanya yakni Aqua botol kaca berukuran 950ml dan AQUA galon yang terbuat dari kaca juga.
Nama AQUA awalnya adalah Puritas, namun ketika desainer logo AQUA membuatnya, ia menyarankan untuk mengganti nama menjadi AQUA dengan alasan mudah diucapkan dan merepresentasikan air secara langsung.
Perjuangan pun dimulai. Tak mudah memasarkan produk baru ini di Indonesia karena tentu saja belum banyak diminati dan belum populer.
Semua rancangan pemasaran dan rasa optimis yang dimilikinya bersama tim akan kesuksesan produk ini ternyata gagal total. Pasar Indonesia masih belum menerima air minum kemasan. Beberapa juga sempat berujar, ‘untuk minum air mentah’
Penjualan pada 3 tahun pertama tentu merosot, Tirto sempat hampir menutup pabrik AQUA dikarenakan ketidakjelasan masa depan AQUA pada saat itu. Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya kondisi Tirto pada saat ini. Ia sudah mengeluarkan uang banyak hingga harus keluar dari perusahaan tempat ia bekerja demi perusahaan buatannya ini namun yang ia terima adalah penolakan dan cibiran yang bertubi-tubi.
Namun kemudian beberapa ide gila pun dilancarkan. Bukannya menurunkan harga jual malah menaikkannya 3 kali lipat. Dilain sisi distribusi AQUA beralih dari masyarakat biasa ke perusahaan asing seperti perusahaan Korea yang waktu itu sedang menangani proyek tol jagorawi. Pasar pun mulai terbuka, omset mulai naik. Agaknya orang mulai percaya bahwa air minum AQUA merupakan air minum dengan kualitas tinggi, dilihat dari harganya.
Ide lain yang dilancarkan oleh pria lulusan fakultas Hukum Universitas Indonesia ini adalah mendistribusikan ke toko-toko pinggir jalan dengan menaruh 3 botol AQUA terlebih dahulu dan lihat proses pasar yang terjadi. Hasilnya luar biasa. Permintaan untuk AQUA semakin naik dan 3 botol yang tadinya didistribusikan secara gratis, kini mulai dikenai biaya untuk penjualan AQUA.
Seiring berjalannya waktu AQUA sudah mulai digunakan di beberapa restoran mewah juga di perusahaan-perusahaan di Indonesia.
AQUA pun sudah diterima dengn baik oleh masyarakat luas dan telah menjangkau seluruh wilayah Indonesia. Demi meningkatkan produksi, lisensi produksi diberikan kepada PT Tirta Jayamas Unggul di Pandaan, Jawa timur pada tahun 1984 dan Tirta Dewata Semesta di Mambal, Bali tahun 1987.
Pasarnya makin meluas hingga luar negeri pada tahun ini seperti Singapura, Malaysia, Maldives, Fiji, Australia, Timur Tengah bahkan Afrika. Dengan meluasnya pasar, perusahaan ini telah mengokohkan kakinya dan menjadi perusahaan raksasa di Indonesia.
sumber: Kisah Sukses Pendiri Perusahaan Air Minum Kemasan Ternama di Indonesia | Good News from Indonesia
See lessApa perbedaan antara sistem pendidikan di Malaysia dan di Indonesia?
fakta yang pernah saya tonton di channel youtube tentang pendidikan di malaysia adalah masih bertahannya sekolah vernakular. murid bersekolah di dalam kungkungan etnisnya masing masing. maka bahasa malaysia kurang greget pemakaiannya. warga malaysa lebih pandai bahasa inggris. sempat viral, netflixRead more
fakta yang pernah saya tonton di channel youtube tentang pendidikan di malaysia adalah masih bertahannya sekolah vernakular.
murid bersekolah di dalam kungkungan etnisnya masing masing. maka bahasa malaysia kurang greget pemakaiannya. warga malaysa lebih pandai bahasa inggris.
sempat viral, netflix tidak menyediakan layanan bahasa malaysia. tetapi keukeuh dengan bahasa inggris untuk warga malaysia.
See less