Strategi launching dalam bisnis sebetulnya bergantung pada sektor bisnisnya.
“Every sector has different way.”
Mengeluarkan produk itu seperti momen yang menentukan bagaimana produk Anda diterima oleh konsumen. Dalam peluncuran produk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
- Sales planning
- Operations planning
- Promotion
- Leads
- Distribusi
- Manajemen Inventori
- Product knowledge
- Customer service
- Customer Experience
- Pricing/Harga
- Manajemen Resiko
- Monitoring & Kontrol
Jika ditanya tentang strategi paling efektif, saya akan menanyakan strategi untuk apa? Apakah untuk meningkatkan penjualan atau hal lainnya?
Jika pertanyaannya adalah strategi paling efektif untuk meluncurkan produk baru dan meningkatkan penjualan, maka salah satu strategi yang bisa kamu coba adalah melakukan promosi atau endorsement kepada publik figur yang sesuai dengan bisnis atau produk yang kamu hasilkan.
Misalnya, jika kamu memproduksi makanan, cobalah untuk bekerja sama dengan publik figur atau konten kreator yang memiliki minat dan keahlian di bidang makanan dan minuman. Buatlah sesuatu yang menarik perhatian, seperti menciptakan faktor kejutan atau keunikan yang membuat orang tertarik.
- Gratis untuk hari ini/
- Diskon 90% untuk yang namanya Muhammad/Ahmad/
- dsbnya
Tentu saja, di sisi lain, produk juga harus memiliki keunikan, memiliki nilai jual, dan dibutuhkan oleh konsumen. Terakhir, ini adalah pendapat saya.
Try to make something that costumers need, not based on what you like.