Saya selalu menghabiskan waktu lebih banyak untuk riset dibandingkan eksekusi copywriting. Salah satu hal yang sangat penting adalah memahami bahasa yang digunakan oleh target pasar. Saya mencari pola-pola yang sering muncul di antara beberapa orang.
Salah satu alat riset yang saya gunakan adalah YouTube. Cari topik yang relevan dengan produk atau layanan Anda, lalu scroll ke bagian komentar. Di sana, Anda akan menemukan frustrasi, tujuan mereka, masalah, cerita pribadi, dan sebagainya.
Dengan informasi ini, Anda dapat memahami ke mana arah target pasar Anda. Mengetahui transformasi yang mereka inginkan memungkinkan Anda untuk menulis salinan iklan, membuat materi kreatif, desain landing page, email, dan pesan WhatsApp yang lebih efektif.
Selain YouTube, alat riset yang populer dan gratis lainnya adalah Amazon. Cari topik terkait produk Anda dan lihat ulasan pelanggan. Anda akan menemukan cerita, frustrasi, dan hasil yang diperoleh setelah membeli produk tersebut.
Dengan informasi ini, Anda dapat memahami bahasa target pasar Anda dengan lebih baik, sehingga bisa menulis copy yang lebih tepat sasaran. Intinya adalah memahami transformasi dari A ke B yang diinginkan oleh mereka.