Sign Up to our social questions and Answers Engine to ask questions, answer people’s questions, and connect with other people.
Login to our social questions & Answers Engine to ask questions answer people’s questions & connect with other people.
Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.
Please briefly explain why you feel this question should be reported.
Please briefly explain why you feel this answer should be reported.
We want to connect the people who have knowledge to the people who need it, to bring together people with different perspectives so they can understand each other better, and to empower everyone to share their knowledge.
Dalam ilmu pemasaran kita mengenal konsep 4P, namun belakangan teori tersebut berkembang. Di beberapa perusahaan besar, mereka mengubah strategi pemasarannya menjadi 4C agar lebih terpusat pada konsumen. Apakah konsep 4P ini masih relevan?
Kalau 4P mengalami perkembangan, pertanyaannya mungkin bukan seputar relevansi 4P terhadap strategi pemasaran di era sekarang ini, Namun lebih ke apa yang membuat 4P tergeser sehingga banyak perusahaan yang mulai menerapkan 4C dalam strategi marketingya. Bukan begitu? 4C dalam Marketing Kalau dulu kRead more
Kalau 4P mengalami perkembangan, pertanyaannya mungkin bukan seputar relevansi 4P terhadap strategi pemasaran di era sekarang ini,
Namun lebih ke apa yang membuat 4P tergeser sehingga banyak perusahaan yang mulai menerapkan 4C dalam strategi marketingya.
Bukan begitu?
4C dalam Marketing
Kalau dulu kita mengenal 4P dalam bauran pemasaran[1] (marketing mix) maka mungkin sekarang 4C terdengar lebih fresh dan lebih pas untuk dilakukan.
4P yang terdiri dari :
Sekarang bergeser menjadi 4C :[2]
Menurut saya 4C bukan menggantikan 4P, melainkan hanya membuatnya lebih spesifik dan mungkin lebih cocok untuk diterapkan sekarang.
Karena seiring berkembangnya teknologi, pelanggan juga mengalami perubahan perilaku pembelian dan respon terhadap pemasaran.
1- Product -> Customer Wants and Needs
Bicara produk ini sama saja kita bicara hal yang paling dasar dalam berbisnis.
Dulu mungkin kita bisa bicara tentang bagaimana membuat customer bisa menerima produk yang dijual.
Mungkin Anda ingat tentang Ford yang ditanya tentang kenapa akhirnya dia mulai mengindustrialisasikan mobil?
Kalau berpikir untuk hanya menambah nilai atau value dari produk yang akan Anda jual, maka mungkin Ford tidak akan memproduksi mobil, melainkan akan mengembangkan Kuda yang lebih mewah.
ha ha ha mungkin yaaa :p
Atau mungkin Anda pernah dengar tentang kisah CEO Amazon, Jeff Bezos saat mengembangkan Amazon Echo (alexa).
Ha ha ha
Kalau hanya kita berpikir dari sudut pandang produk, maka hal hal tersebut tidak akan terjadi.
Mereka bukan berorientasi ke produk, tapi ke pelanggan.
Bagaimana pelanggan bisa selesai problemnya dengan produk yang kita miliki.
Berfokus pada kebutuhan dan pelanggan adalah hal yang mungkin lebih tepat.
Dengan begitu, kita bukan hanya pusing memposisikan produk ini di hadapan pelanggan, tapi bagaimana produk ini bisa membantu menyelesaikan permasalah mereka.
bahkan untuk permasalahan yang tidak mereka sadari.
2- Price -> Cost to Satisfy
Bicara biaya bukan lagi soal siapa yang lebih murah.
Kalau memang yang murah yang menang, maka mungkin Apple Inc sudah bangkrut.
Maka mungkin brand fashion yang harganya ga masuk akal itu tidak akan ada pembelinya.
tapi nyatanya?
Brand tersebut justru kini menjadi identitas kemewahan.
Cost to satisfy mungkin lebih relevan dibanding berdebat masalah harga murah-harga mahal untuk suatu barang.
3- Place -> Convenience to Buy
Yes, bisnis online merubah segala persepsi tentang tempat ini.
Saluran distribusi tidak lagi melalui Brick and Mortar store, melainkan melalui internet.
yaaa walaupun sekarang para raksasa internet itu mulai online to offline O2O, tapi keterkaitan internet disini adalah hal yang vital.
Dimana pelanggan bisa mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan mudah.
4- Promotion -> Communication
Sekarang customer udah pinter.
Ga bisa lagi dikasih gimmick gimmick marketing yang basi banget.
teknologi merubah cara pandang mereka terhadap sebuah promosi.
Meningkatnya pengguna layanan premium untuk menghindari iklan adalah salah satu indikator bahwa orang sudah jenuh kalau Anda sekedar promosi.
Youtube premium aja sekarang udah 2 jutaan orang gaes[4]
Kalau para marketing masih gitu gitu aja, alias memberikan iklan yang basi banget.
Mungkin iklan akan mati?
Ha ha ha
Sekarang sudah bukan waktu yang tepat untuk menjual produk ke pelanggan.
tapi lebih menyampikan apa yang produk Anda tawarkan untuk membantu menyelesaikan problem mereka.
Jadi..
Kalau pertanyaannya apakah 4P masih relevan atau tidak, mungkin bukan masalah relvenasinya tapi tentang bagaimana 4P itu berkembang menjadi lebih cocok untuk diaplikasikan di era sekarang.
CMIIW
Willy
Catatan Kaki
[1] Bauran pemasaran – Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
See less[2] The 4Cs marketing model | Smart Insights
[3] Council Post: On Building A Faster Horse: Design Thinking For Disruption
[4] YouTube Tops 20 Million Paying Subscribers, YouTube TV Has Over 2 Million Customers
Mengapa perekonomian Jepang mengalami stagnasi?
Kurang inovasi & doing same thing again & again. Tidak terbuka dengan hal2 baru. Contoh nyaa segala sesuatu serba online tapi mereka kurang meng adopsi nya. tapi japan lebih memilih menjaga kestabilan ekonomi yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Menjaga tatanan ekonomi yang sudah ada agarRead more
Kurang inovasi & doing same thing again & again.
Tidak terbuka dengan hal2 baru. Contoh nyaa segala sesuatu serba online tapi mereka kurang meng adopsi nya.
tapi japan lebih memilih menjaga kestabilan ekonomi yang sudah berlangsung bertahun-tahun. Menjaga tatanan ekonomi yang sudah ada agar tidak berantakan / jatuh.
karena setiap perubahan pasti ada masa transisi yang berat . Jadi japan agak kurang terbuka akan perubahan & inovasi2 baru.
See lessDari mana kita tahu tanggal pembagian dividen saham?
Saya cenderung menggunakan aplikasi RTI Business. Cari aja di Playstore. Buka aplikasinya anda akan melihat tampilan seperti berikut. Geser sampai paling kanan sampai menemukan menu "Calendar". Tap pilihan dan untuk melihat jadwal dividen tap pilihan "Dividend". Akhirnya kelihatan deh jadwal pembagiRead more
Saya cenderung menggunakan aplikasi RTI Business. Cari aja di Playstore.
Buka aplikasinya anda akan melihat tampilan seperti berikut.
Geser sampai paling kanan sampai menemukan menu “Calendar”. Tap pilihan dan untuk melihat jadwal dividen tap pilihan “Dividend”.
Akhirnya kelihatan deh jadwal pembagian dividen terdekat.

See lessLebih bagus mana pendapatan di P2PL atau main saham?
Yudhistya Ksyatria , Mahasiswa (2020-sekarang) Dijawab 21 Februari Gaji rata-rata Indonesia berapa ya? Anggep aja 10 juta sebulan ya.120 juta setahun. P2PL itu berapa returnnya? 12–15% pertahun? Berarti buat dapat 120 juta setahun, minimal 1 M. Kayanya saham sama juga. Kalau belum ada uang 1 M, beraRead more
Yudhistya Ksyatria
, Mahasiswa (2020-sekarang)
Dijawab 21 Februari
Gaji rata-rata Indonesia berapa ya? Anggep aja 10 juta sebulan ya.120 juta setahun.
P2PL itu berapa returnnya? 12–15% pertahun? Berarti buat dapat 120 juta setahun, minimal 1 M. Kayanya saham sama juga.
Kalau belum ada uang 1 M, berarti paling bagus tetep bekerja. Kerja dan gajian. Dapat 10 juta sebulan. Energi dan pikiran fokus disini mayoritas.
Tapi kan, saya ingin investasi. Demi masa depan?
Oke. Masa depan itu kapan? Tahun depan? 10 tahun? 20 tahun? 2 tahun? 5 tahun?
Setiap jangka waktu, ada instrumen investasi yang lebih tepat. P2P cocoknya jangka pendek. Jangka panjang makin berisiko.
Saham sebaliknya jangka panjang, makin panjang fluktuasinya makin ga keliatan.
Jadi keduanya bagus, keduanya bisa juga jelek. Tergantung mau berapa tahun?
See lessApa saja game offline terbaik yang pernah kamu mainkan dan ingin kamu rekomendasikan?
Banyak sekali game offline bagus untuk itu saya coba lampirkan game untuk tahun 2019 terbaik menurut saya dan sudah saya mainkan. Genre RPG khususnya yang suka dengan JRPG dan waifu2an, saya sangat rekomendasikan Fire Emblem dimana menyabet gelar RPG game of the year tahun ini, meski bukan seri terbRead more
Banyak sekali game offline bagus untuk itu saya coba lampirkan game untuk tahun 2019 terbaik menurut saya dan sudah saya mainkan.
Genre RPG khususnya yang suka dengan JRPG dan waifu2an, saya sangat rekomendasikan Fire Emblem dimana menyabet gelar RPG game of the year tahun ini, meski bukan seri terbaik Fire Emblem tapi game ini tetap layak dimainkan.
Kalau bukan pecinta RPG dan lebih suka game Action saya Sarankan untuk memainkan game Sekiro, Control, Residen Evil 2 Remake atau mungkin DMC V.
Kalau mulai dari tahun 2013 – 2019 saya sangat menyarankan Zelda BOTW, meski pada saat beli saya sempat menyesal karena harganya cukup mahal dan ga turun2 sampai sekarang ditambah saya lebih suka game slow pace biar nyantai. Setelah coba dari awal main udah takjub, Zelda series udh pasti Game of The Year dan BOTW adalah yang terbaik dari seri Zelda yang lain.
Fitur game sangat beragam mulai dari crafting, cooking, mengumpulkan senjata-armor elemen untuk merubah tampilan yang super keren, mounting, berburu, nambang material, beternak, beli rumah, bikin kota sendiri, upgrade skill dan lain2.
Gameplaynya sendiri masuk di kategori Action Adventure Open World, dimana player bisa menjelajahi dunia bahkan di game ini kita bisa memotong, mebakar meledakkan, memindahkan tiap objek dan menjelajahi dunianya dengan bebas, selama kita bisa mengatur stamina kita bisa memanjat tebing bangunan tinggi. Di dunia Zelda juga mengenal cuaca jadi kalau ujan ya jangan manjat2 nanti kepleset atau membawa senjata dan baju berbahan metal karena mudah tersambar petir dll.
Selama saya bermain game, ini adalah game terbaik yang pernah saya mainkan. Game sudah 3 tahun dan harga masih stabil, biasanya kalau di PS4 atau steam udah gratis
See lessApa yang kamu lakukan agar tidak berhenti saat ingin menyerah?
Sederhana saja, saya mengambil berdasarkan kehidupan sehari-hari, di mana hampir seriap harinya saya mengikuti sekolah daring. Banyak siswa yang mengeluhkan sekolah daring atau pembelajaran jarak jauh, entah itu yang dikeluhkan adalah sinyal internet yang tidak mendukung, tugas yang menumpuk, materiRead more
Sederhana saja, saya mengambil berdasarkan kehidupan sehari-hari, di mana hampir seriap harinya saya mengikuti sekolah daring.
Banyak siswa yang mengeluhkan sekolah daring atau pembelajaran jarak jauh, entah itu yang dikeluhkan adalah sinyal internet yang tidak mendukung, tugas yang menumpuk, materi pelajaran yang tidak terserap ke otak, tidak fokus dan kurang bersemangat, dan lain sebagainya.
Dari dulu saya selalu berusaha untuk tidak mengeluh ketika sedikit stres terhadap tugas-tugas sekolah dan ujian. Setiap saya ingin mengeluh saya selalu mengingat kalau saya seharusnya lebih banyak bersyukur karena terlahir dari keluarga yang terbilang cukup secara finansial (ada makanan hari ini, pakaian yang layak, dan rumah tempat berlindung, serta pendidikan yang layak).
Setiap saya ingin mengeluh dan menyerah, saya selalu mengingat orang tua saya yang sudah bekerja banting tulang untuk menghidupi saya dan kedua adik saya. Terkadang saya menganggap ‘ah sudahlah, gak perlu dikerjain juga, gak perlu belajar buat apa juga?’ Tetapi saya kembali berpikir kira-kira apa dampaknya jika saya pasrah begitu saja? Mungkin beberapa kalimat atau video motivasi mengatakan ‘nilai tidak menjamin kesuksesan seseorang’ atau ‘sekolan tidak penting’ yang sempat mempengaruhi pemikiran saya yang membuat saya berpikir untuk tidak perlu belajar.
Salah satu hal yang mungkin menyadarkan saya adalah adik saya yang pengidap autisme. Ketika saya hendak pasrah dalam belajar kembali saya ingat ada dia yang harus saya jaga kelak. Terkadang saya berpikir kalau saya harus masuk sekolah negeri supaya tidak perlu membayar SPP dan sebagainya (mungkin sebagian orang juga berpikir seperti ini). Adik saya SPP sekolahnya cukup mahal, belum lagi biaya yang lain. Jika saya rajin belajar dan dapat masuk sekolah negeri, maka saya bisa membantu meringankan beban orangtua karena orang tua saya tidak harus mengeluarkan biaya banyak untuk saya.
Mungkin itu sekiranya jawaban dari saya. Terimakasih 😄
See lessApa yang membuatmu “deg-deg serr” akhir-akhir ini?
Black Widow bebeh…! Wkwkw omg akhirnya, setelah beberapa kali ditunda, dan ditunda, dan ditunda, Black Widow akhirnya dijadwalkan tayang perdana di bioskop Juli tanggal 9 nanti. https://youtu.be/gKnOm7IWJL8 Sekedar informasi Trailer Black Widow pertama kali ditayangkan di penghujung tahun 2019. BisaRead more
Black Widow bebeh…!
Wkwkw omg akhirnya, setelah beberapa kali ditunda, dan ditunda, dan ditunda, Black Widow akhirnya dijadwalkan tayang perdana di bioskop Juli tanggal 9 nanti.
Sekedar informasi Trailer Black Widow pertama kali ditayangkan di penghujung tahun 2019. Bisa dibilang ini sudah bertahun-tahun yang lalu (rasanya 😑).
Keluarnya trailer Black Widow edisi ke 57 sekitar tiga hari lalu seakan menjadi pemuas dahaga serta memberikan harapan baru kepada Black Widowan dan Blackwidowati di seluruh dunia.
Ditambah dengan diumumkannya deretan cast di bulan juli 2019 lalu yang betul-betul mind-blown dan bikin deg-deg serr. Betapa tidak, deretan nama-nama beken seperti mbak Florence Pugh (Midsommar), Rachel Weisz (the lobster), dan Scarlett Johansson (Under the skin) akan beradu akting dan bahu-membahu membasmi kejahatan selayaknya Charlies Angel wkwkw.
Mannn, I can’t wait for the movie.
AL
See less