Mengutip dari Unreal Sensei
[1]
Ada beberapa hal menarik yang disebut pada UE 5.2.
- Procedural Content Generation (PCG)
Procedural Content Generation Framework (PCG) yang memungkinkan pengguna membuat standar dan parameter untuk mengisi banyak scenes dengan aset UE yang mereka pilih. Menurut tim, ini mempercepat dan mengefektifkan proses pembuatan di seluruh dunia.
Translate :
PCG memungkinkan pengguna untuk menentukan aturan dan parameter untuk membuat environment yang besar dengan asset pilihan pengguna. ini bisa menghemat banyak waktu untuk pembuatan game dengan scala besar seperti game Open World.
2. Substrate
merupakan system material terbaru dari epic yang memungkin untuk mem-blend atau menggabungkan material yang berbeda atau membuat material dengan banyak layer.
3. Metahuman Animator
metahuman animator memungkinkan untuk merekam pergerakan wajah menggunakan kamera hp mengubahnya menjadi animasi
4. Verse (metaverse programming language)
Saat ini Unreal Engine menggunakan C++ untuk manual scripting dan BluePrint untuk visual scripting. Nah jadi kalau misalnya pengguna tidak begitu paham dengan BluePrint, maka pengguna bisa menggunakan C++ dan sebaliknya. Namun C++ pada Unreal memiliki kelemahan, yaitu kurang responsifnya IntelliSense (yang saya alami) dan juga setiap perubahan harus dicompile. Nah masalahnya jika terjadi error terkadang malah Unrealnya langsung force close, jadi kadang kesel juga kalau pakai C++. Maka dari itu dirilislah Verse yang dijadikan opsi ketiga dalam penggunaan bahasa program.
5. Fab (New Marketplace for Assets)
Sejauh ini, ada beberapa marketplace yang digunakan untuk menjual assets bagi para seniman 3D dan 2D. Fab menggabungkan semua marketplace tersebut menjadi satu, sehingga lebih mudah bagi pengguna untuk menemukan assets yang ingin digunakan. Selain itu, menggunakannya sangat mudah, karena kita dapat memindahkan assets ke scene Unreal.
Yang menarik adalah Fab tidak hanya exclusive untuk Unreal, tetapi juga akan support untuk game engine lain seperti Unity, Roblox, dan Minecraft(?).
6. Unreal Editor For Fortnite (UEFN)
Dengan UEFN memungkinkan pengguna untuk mengedit world fortnite menggunakan Unreal Engine untuk mengedit maps, membuat maps, dan bahkan membuat game baru. Bahkan pihak Unreal mengatakan bahwa akan membagikan 40% Fortnite Net Revenue kepada creators. Jadi jika game yang dibuat dengan (UEFN (?) fortnite game) popular dan banyak engagement maka creator akan mendapatkan fortnite revenue.
Catatan Kaki
https://www.youtube.com/watch?v=6OCH_iD7LYk&t=319s&ab_channel=UnrealSensei
[2]