Di tengah keadaan bisnis fashion yang sedikit menurun. Selain itu, hari libur yang tepat untuk mengajar. Saya dan pasangan saya ingin mencoba membuka restoran kecil dengan kontainer di halaman konveksi. Daerah itu adalah area konveksi dan dekat dengan pabrik, jadi banyak orang yang bekerja sebagai penjahit, pengemasan, dan buruh pabrik. Dengan lesunya konveksi, daya beli menjadi lebih rendah. Terakhir, apa jenis jualan yang cocok dengan kondisi ekonomi yang buruk saat ini? Makanan apa yang paling penting?
Akhirnya saya mencoba riset keliling wilayah, dan menemukan bejibun orang dagang es teh, mulai yg bermerk sperti teh poci sampe yg merk sendiri. Hanya beberapa yg laku dan itupun krn dekat dgn sekolah dan di alun2.
Oke gpp, saya survey dan mencoba seluruh merk es teh yg ada. Hmmm rasanya hampir semuanya tidak enak. Seperti minum air gula dan gulannya pun bukan gula murni. Harga jual 3000. Hmmm lagi deh…
Penasaran saya, lalu saya ulik berbagai racikan teh beberapa hari dan sampe pada racikan yg pas. Menggunakan gula murni bermerk. Saya menggunakan 3 merk teh. Setelah saya rasa oke, lalu saya hitung ternyata HPP hanya 1250 perak. Dengan menggunakan plastik dan tali bukan cup. Jadi hemat saya, mayoritas yg jual dengan pemanis buatan, akan lebih besar lagi untungnya, bisa jadi selisih 400–500 perak dengan bikinan saya krn yg paling mahal ya anggaran gula.
Sperti halnya fashion, prinsip usaha saya adalah kualitas maka kuantitas mengikuti. Saya deal dgn akan mencoba peruntungan di es teh. Lalu saya berpikir, saya gak mau sekedar jualan es teh, harus ada pendamping berupa makanan ringan. Tapi situasi ekonomi begini makanan apa ya yg pas. Sepertinya hrs yg asin dan bisa jadi teman nasi. Gorengan, terlalu umummm. Apa yah yg gak ada. AH hasil saya mencari inspirasi dari lamunan dan dari berburu informasi di Internet, memutuskan membuat martabak mini dgn kulit lumpia. Bermodal inspirasi dari martabak Jablay, saya bawa deh kmari dan beberapa kali tes akhirnya bisa dapat racikan yg pas. Oke es teh siap dan martabak siap.
Hari 1 perdana. Kata orang sih sabar klo jualan gak langsung dapat pelanggan. Oke gpp iyain aja, toh saya udh pengalaman lama dagang di pasar. Dan hari pertama sungguh di luar dugaan. Penjualan habis baik es teh maupun martabak. Oke jgn terlena, klo besok gak ada yg repeat order berarti gak kepake minuman dan makanan saya.
Hari 2. Ternyata yg kmaren beli ada beberapa yg balik lagi. Dan ditambah anak2 pada bergerombol beli es teh. Begitu di hari2 selanjutnya.
Apa kata mereka?
Es teh nya rasanya enak sekali beda sama yg lain, dan martabaknya joss, apalagi klo pake nasi mantep. (Bukan saya narsis ya tp kenyataan)
Sampe detik ini baru berjalan 7,5 minggu warung kecil halaman konveksi saya penjualannya stabil meskipun tidak sebesar fashion tp berkontribusi pendapatan 700.000 sd 900.000 an per hari dgn asumsi profit buat saya adalah 300.000 – 400.000 per hari setelah dipotong pegawai tentunya tanpa biaya sewa krn di rumah sendiri.he. Lumayanlah belum sebulan udh Balik modal. Karena kontainer saya beli bekas yg tentunya gak sampe 4 juta, peralatan pun gak terlalu banyak apalagi pake plastik.
Dalam sebulan saya hitung, sudah 4 orang yg ingin bermitra atau membuka franchise. Sedangkan saya belum siap, krn pondasi di usaha FnB belum kuat. Masih ada kendala2 baru yg tentu akan saya hadapi. Contoh baru saja saya menemukan pegawai yg tidak jujur dan mengakali setoran. Daripada saya buka franchise utk orang lebih baik saya buka cabang dulu sendiri. Krn itu saya buka di wilayah perkotaan yg mana ekonominya lebih baik. Disitu saya belajar bagaimana mengelola cabang, belajar manajemennya. Klo saya sudah bisa mengelola beberapa cabang dengan baik, barulah berani utk memfranchise kan. Saya tidak ingin bernafsu egois dan mengambil keuntungan jangka pendek, tp mitra terbengkalai atau bahkan tdk laku. Saya khan hrs tes juga apakah produk saya juga masuk dgn selera orang kota. Ketika bermitra bagaimanapun mitra harus sukses jangka panjang sperti saya. Yah bisnis FnB baru seumur jagung, masih tahap belajar lah bagi saya.
Saya dapat ilmu dari teman saya yg sudah lama di FnB. Pada intinya di fnb ini penting utk kejar kualitas, maka pembeli akan nempel seperti perangko aliias balik lagi, balik lagi. Saya melihat penjualan Es Teh di luar sana banyak yg hanya mementingkan kuantitas tanpa memperdulikan kualitas. Gimana caranya supaya untung sebesar2nya akhirnya mengakali pemanisnya. Jd pembeli tidak ketergantungan ke produk kita, ya krn lewat dan lagi haus saja. Klo kualitas, saya menemukan beberapa konsumen saya, datang dari jarak 1 km – 3 km yg mana sepanjang mereka perjalanan melewati banyak pedagang es teh.
Jd jualan es teh cukup menjanjikan lho, saya yg dengan main kualitas saja HPP cuma 1250 dijual 3000. (Awalnya sya jual 2000 an tp dlm seminggu sya naik jd 3000 dan tidak ada yg komplen, alesannya harga promo seminggu.he). Untuk mengakali sifatnya yg entah musiman atau tidak, makanya saya pake menu martabak 2000an yg tdk mengenal musim. Tp dengan harga 3000 saya rasa akan bertahan lama, krn rata2 konsumen saya mengakui daripada beli teh botol mending beli es teh 3000 yg rasanya lebih enak. ( maaf lagi ya buka bermaksud narsis tp emang apa adanya )
Ini warung mungilnya di atas kontaiiner 2 x 2 m
Maaf penamaan masih acak2an maklum sambil kejar target bikinnya 😆.
Itu saja sih unek2 bisnis es teh. Selama teh anda lebih enak dari teh botol di warung dan harga bersahabat maka masyarakaat sekitar mungkin akan memilih es teh anda ketimbang teh botol di warung sampe kapanpun. Toh sebelah konveksi saya rumah orang berada yg seleranya branded dan pergaulannya udh kaya seleb, gak nyangka langganan terus es teh saya, hampir tiap hari.
Semua yg saya dapatkan masih belum memanfatkan promosi / pemasaran di medsos. Dalam waktu dekat tentu saja saya akan promosi di medsos lokal agar bisa semakin mendongkrak penjualannya.