Tidaklah benar jika kita berasumsi bahwa desain “harus menarik”.
Desain yang menarik merupakan poin kesepuluh dari desain. Namun apakah semua model harus menarik?
Desain itu yang diutamakan adalah tepat guna, sesuai sasaran.
Mengapa kemasan minyak kelapa bening? Untuk menunjukkan kemurnian/kejelasannya. Mengapa menggunakan botol plastik murah? Ini ada hubungannya dengan harga.
Contoh di bawah ini adalah desain paket yang sangat menarik. Cukup tandai dengan tali dan itu menjadi produk berkualitas sangat tinggi.
Tapi,
Botol kaca dan premium sesuai dengan harga produksi yang lebih mahal. Harga produknya mahal.
Jadi sekali lagi, desain itu tidak harus menarik.
Tidak semua produk membutuhkan desain yang luar biasa/hebat.
- Desain itu, yang paling penting cukup menjawab kebutuhan produk dulu. Termasuk informasi dan material/ biaya produksi.
Hal utama tentang botol air minum adalah Anda bisa minum dengan nyaman. Botol minyak, bagaimana cara menggunakannya?
Jangan mengabaikan hal utama itu.
- Yang utama terisi, tata letaknya rapi, informasinya mudah dibaca.
Kebutuhan utama dalam “desain kemasan” kamu sudah terpenuhi.
- Baru kemudian kita berbicara tentang “diferensiasi produk serupa”.
Jadi gimana caranya agar ketika produk ini berjejer di deretan minyak kelapa, orang akan melihat produk kamu?
Dengan kata lain, jika ketiga poin di atas terpenuhi. Desain Anda secara tidak langsung akan terlihat menarik tanpa harus memikirkan desain yang aneh-aneh.