Fashion atau gaya berpakaian adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang tak pernah lekang oleh waktu. Saat ini, dunia fashion semakin berkembang pesat. Setiap hari, berbagai macam tren dan gaya pakaian selalu hadir di hadapan kita. Salah satu aspek penting dalam perkembangan dunia fashion ini adalah distro. Fashion yang identik dengan kaum muda ini telah menjadi fenomena yang patut diperhitungkan. Dari sinilah muncul peluang besar bagi siapa saja yang ingin terlibat dalam bisnis kaos distro. Meskipun persaingan dalam bisnis ini cukup ketat, namun dengan banyaknya minat dari konsumen, tidak ada yang tidak mungkin bagi Anda untuk mendapatkan keuntungan besar jika Anda menjalankan bisnis ini dengan benar. Bisnis distro umumnya membutuhkan modal yang besar, namun Anda dapat mengatasinya dengan menjalankan sistem Pre Order (PO). Sistem Pre Order adalah strategi yang efektif untuk mengatasi masalah permodalan. Dengan sistem ini, Anda akan memproduksi kaos setelah ada pemesanan minimal dengan jumlah tertentu yang Anda tentukan, misalnya 10 kaos, 20 kaos, atau 50 kaos.
Dengan adanya sistem ini, Anda dapat memastikan bahwa modal yang Anda keluarkan akan kembali. Lalu, bagaimana cara menjalankan bisnis kaos distro dengan sistem Pre Order yang baik dan tepat? Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti..
1. Buat Aturan Pemesanan yang Ringan
Salah satu tips untuk menjalankan bisnis kaos distro dengan sistem Pre Order adalah membuat aturan pemesanan yang tidak terlalu memberatkan konsumen. Aturan ini bisa berupa jumlah minimal pemesanan dan cara pembayaran yang mudah.
Pastikan juga bahwa sistem Pre Order kaos ini berlaku dengan aturan satu tema desain dari satu pemesanan minimal, sehingga Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari mitra konveksi Anda. Aturan pemesanan ini haruslah dibuat dengan memberikan solusi yang menguntungkan bagi kedua belah pihak, sehingga Anda tetap bisa mempertahankan kepercayaan dari para konsumen Anda.
2. Temukan Mitra Konveksi untuk Kerjasama
Tips selanjutnya adalah mencari mitra untuk bekerjasama dalam hal konveksi. Jelaskan kepada calon mitra konveksi Anda bahwa kerjasama ini akan dilakukan dengan sistem Pre Order sesuai dengan bisnis Anda. Cari mitra konveksi yang bersedia bekerja dengan sistem Anda dan yang juga memberikan harga yang lebih murah.
Dengan harga yang murah dari mitra konveksi Anda, Anda dapat menentukan harga keuntungan saat menjual kepada para konsumen. Oleh karena itu, peran mitra atau partner konveksi sangat penting untuk kelangsungan bisnis kaos distro Anda ke depan.
3. Ciptakan Desain Terbaik dan Paling Kreatif
Salah satu hal yang sangat penting dalam bisnis kaos distro adalah desainnya. Desain kaos bukan hanya sebagai pintu masuk untuk bertransaksi dengan konsumen, tetapi juga sebagai senjata ampuh untuk menarik minat banyak konsumen dan pelanggan dalam pemasaran online.
Oleh karena itu, usahakanlah untuk menciptakan desain yang terbaik yang Anda bisa. Kreativitas seringkali menjadi kunci bagi para desainer untuk menciptakan karya yang luar biasa. Jadi, selalu berpikir kreatif tentang desain-desain yang akan Anda gunakan.
4. Gunakan Media Promosi Online
Untuk menarik lebih banyak calon pembeli, jangan lewatkan pemasaran online. Selain dapat menghemat biaya, pemasaran online juga sangat efektif untuk produk visual seperti kaos distro.
Manfaatkan media sosial dan aplikasi pesan instan yang Anda miliki. Jika Anda memiliki modal lebih, Anda juga bisa menggunakan website berbayar agar terlihat lebih profesional. Jangan lupa untuk bergabung dalam forum-forum yang berkaitan dengan desain kaos dan pasar target Anda.
5. Jangan Abaikan Pemasaran Offline
Meskipun bisnis kaos distro Anda masih terbatas dana dan menggunakan sistem Pre Order, jangan lupakan pemasaran offline. Pemasaran offline yang tidak terlalu mahal seperti word of mouth dan penyebaran brosur bisa Anda lakukan sambil menunggu pembeli dari online datang. Anda juga bisa mencoba menawarkan kerjasama melalui proposal kepada pihak-pihak tertentu sebagai strategi pemasaran offline untuk bisnis kaos distro Anda.