Dalam era digital ini, penggunaan teknologi menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Terutama dalam dunia bisnis, teknologi komunikasi dapat digunakan untuk meningkatkan pelanggan. Sebagai seorang pebisnis, menjadi fleksibel dalam segala situasi adalah suatu keharusan agar bisnis dapat terus berkembang. Perubahan pola dan tren manusia juga mempengaruhi kebiasaan jual beli. Saat ini, jual beli online telah menjadi hal yang biasa dan mudah diakses oleh semua orang melalui smartphone dan akses internet yang semakin luas. Oleh karena itu, sebagai pebisnis, kamu harus sigap dalam mengembangkan bisnismu dengan memanfaatkan smartphone dan akses internet untuk memasarkan produk. Dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnismu akan tetap berjalan dan berkembang.
1. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial
Jangan salah ya! Saat ini media sosial bukan hanya untuk mengupdate status hehehe. Tetapi juga menjadi tempat untuk berbelanja online. Promosi di media sosial tidak memerlukan biaya, alias gratis. Agar promosi bisnis online kamu menarik di media sosial apa pun, ada 4 kunci yang perlu diperhatikan, yaitu costumer mu, produk mu, nilai produkmu, dan storry telling.
Sebelum memulai promosi, pastikan kamu sudah mengetahui siapa costumer bisnismu. Jangan sembarangan, kamu harus melakukan riset agar costumer yang membutuhkan produkmu dapat ditemukan, bukan sebaliknya. Selanjutnya, kamu harus bisa menyiapkan produk tersebut. Pastikan juga produkmu memiliki nilai jual yang baik, terutama dari segi kualitas. Tonjolkan keunikan yang dimiliki produkmu dibandingkan dengan produk dari kompetitor. Setelah itu, buatlah desain foto/video sebagai konten produk dengan kualitas yang bagus. Oh iya, jangan lupa tambahkan story telling alias cerita sebagai keterangan penawaran produkmu. Teknik story telling sangat mudah, ceritakan manfaat jika membeli produkmu dengan kalimat yang sederhana dan sopan tentunya. Mengapa story telling? Karena manusia tertarik dengan cerita orang lain.
2. Manfaatkan SEO
Search Engine Optimization (SEO) dalam dunia bisnis adalah strategi pemasaran yang menggunakan data untuk menempatkan bisnismu di posisi yang paling dicari. SEO memanfaatkan data pencarian oleh konsumen dan menggunakan kata kunci atau hashtag tertentu sehingga website/blog bisa muncul pada hasil pencarian teratas. Jika kamu bingung, kamu bisa memanfaatkan jasa SEO yang sudah tersedia.
3. Promosi di E-commerce
Platform e-commerce saat ini sangat efektif dalam meningkatkan penjualan bisnis Anda. Terlebih lagi, dengan persyaratan dan ketentuan yang mudah untuk bergabung dan menjual produk atau jasa yang Anda kembangkan. Untuk memanfaatkan e-commerce seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, dan lainnya, Anda perlu memahami sistem penjualannya, aturannya, dan selalu menjaga reputasi toko online Anda. Salah satu keuntungan promosi melalui e-commerce adalah konsumen dapat melihat deskripsi produk atau jasa serta harga yang Anda tawarkan. Dengan demikian, produk Anda akan secara otomatis ditampilkan bersama dengan produk serupa dari pesaing Anda. Sehingga konsumen hanya perlu menggulir untuk memilih produk mana yang mereka inginkan.
Dengan memanfaatkan tiga strategi di atas, Anda dapat meningkatkan jumlah pelanggan dalam bisnis Anda atau bahkan menerapkan strategi tersebut dalam startup yang ingin Anda dirikan.