Saya mau berbagi pengalaman saya nih, karena saya pernah beberapa kali punya motor baru. Pertama-tama, penting banget untuk melakukan servis rutin sesuai dengan yang tertera di buku manual pemilik. Kalau kita kurang paham tentang mesin motor, lebih baik serahkan pemeriksaan sparepart ke bengkel yang terpercaya.
Tapi kalau kita sedikit-sedikit paham, kita bisa mengganti sparepart berdasarkan keluhan dan apa yang terlihat. Misalnya, kalau kita melihat kampas rem depan (cakram) sudah menipis, segera ganti jangan tunggu sampai benar-benar tipis dan tinggal besinya. Kalau ada kebocoran oli di shockbreaker, segera ganti dan untuk shockbreaker depan, ganti seal dan oli shockbreaker-nya. Kalau ada kebocoran atau rembesan oli di area mesin, langsung ke bengkel untuk mencari sumber kebocoran dan mengganti paking atau oli seal yang menjadi penyebabnya. Kalau mata gir roda belakang terlihat sudah mulai landai, segera ganti 1 set lengkap dengan gir depan dan rantainya sekalian.
Untuk motor dengan transmisi CVT, lakukan servis secara teratur dan periodik (misalnya 3-6 bulan sekali tergantung seberapa sering motor digunakan) untuk memeriksa CVT.