Semua hal di dunia ini terus berkembang, seperti halnya teknologi yang semakin canggih. Kini, hampir semua hal dapat dilakukan melalui internet, seperti berbelanja, rapat, bahkan sekolah.
Namun, tahukah Anda bahwa di era yang semakin maju ini, pemasaran juga ikut berevolusi? Bahkan, pemasaran saat ini akan memasuki era 5.0. Hal ini menunjukkan bahwa kita harus dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman dan terus mengikuti tren agar dapat bersaing dan bertahan dalam dunia bisnis.
Pemasaran merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis. Pemasaran adalah cara untuk memperkenalkan produk kepada masyarakat umum dan menarik pelanggan. Artinya, pelanggan akan membeli produk Anda karena mereka sudah mengetahui produk tersebut.
Setiap konsep pemasaran memiliki strategi dan target khusus untuk memperkenalkan produk dan menarik perhatian pelanggan. Pada konsep pemasaran era pertama, perusahaan atau pengusaha fokus pada produknya, yang biasa disebut “Era Pusat Produk”. Untuk menjual produknya, konsep pemasaran yang muncul pada saat perekonomian Amerika sedang sangat baik pada tahun 1960-an ini menggunakan strategi 4P, yaitu Produk, Harga, Tempat, dan Promosi.
Contoh bisnis yang menggunakan strategi pemasaran 1.0 adalah Warmindo (Warung Makan Indomie) yang sering Anda lihat di mana-mana, mulai dari depan kompleks hingga di sebelah kampus. Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut mengenai 4P beserta penerapannya di Warmindo.