Apa saja contoh marketing “gimmick” paling menarik yang kamu tahu?
Share
Sign Up to our social questions and Answers Engine to ask questions, answer people’s questions, and connect with other people.
Login to our social questions & Answers Engine to ask questions answer people’s questions & connect with other people.
Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.
Please briefly explain why you feel this question should be reported.
Please briefly explain why you feel this answer should be reported.
Banyaaak sekali marketing gimmick yang menarik di indonesia. Tapi di sini saya akan membahas yang menurut saya sangat impactful dan berhasil merubah behaviour target khalayak luas di Indonesia. Yaitu Halal Marketing.
Apa itu halal marketing?
Menurut pandangan pribadi saya, halal marketing adalah memberikan label halal pada sebuah produk/jasa untuk menyakinkan khalayak bahwa produk/jasa tersebut mengikuti aturan/tata cara halal atau syariat Islam.
Fenomena halal marketing itu meledak ketika Wardah memperkenalkan produk kosmetik halal pada kisaran 2010–2012. Sebelumnya Wardah pernah menggunakan gimmic serupa pada kisaran tahun 2004–2006 namun belum berhasil.
Kesuksesan itu meningkatkan penjualan kosmetik Wardah berkali-kali lipat. Pokoknya banyak banget. Sampai positioning kosmetik halal begitu kuat dan melekat pada produk Wardah. Jadi jangan heran kalau melihat di toko kosmetik ada SPG Wardah yang menggunakan seragam dengan kerudung sedangkan kosmetik lain masih dengan tampilan seperti SPG lainnya.
Entah bagaimana, setelah meledaknya halal marketing, hampir semua produk/jasa diberikan label halal untuk menarik perhatian khalayak, terutama masyarakat beragama Islam. Dari produk yang relevan sampai tidak relevan seperti:
Semoga tidak ada lagi produk yang tidak relevan dengan terms halal tapi tetap dikasih label hala. Buat apa…