Bagaimana cara menghitung margin penjualan yang baik sebelum membuka usaha di e-commerce?
Didin VariasiExplainer
Bagaimana cara menghitung margin penjualan yang baik sebelum membuka usaha di e-commerce?
Share
Tergantung produk yang ditawarkan ibu unik atau nggak dan kemudahan pelapak lain menjual produk yang 100% sama persis dengan yang ibu jual di sekitar kota ibu.
Calon pembeli biasanya cari produk yang mau dibeli dengan mengisi kata kunci di pencarian. Begitu dia klik, akan muncul banyak alternatif toko / lapak yang menawarkan produk itu. Biasanya yang paling atas adalah lapak yang paling sering dikunjungi atau lapak yang paling banyak penjualan atau lapak yang paling bagus reviewnya. Bisa diurutkan oleh calon pembeli mau berdasarkan apa, bahkan juga ada diurutkan berdasarkan harga.
Pertama kalau bisa jangan mentargetkan margin yang besar dulu, targetkan terlebih dahulu banyak yang beli dan review yang positif. Setelah rame, mungkin produk yang ibu jual ini ibu jaga harganya tetap terjangkau, tapi produk yang lain mulai diangkat marginnya sedikit.
Banyak habiskan waktu “Cek Toko Sebelah” di jangkauan kota yang sama terlebih dahulu baru kemudia meluas, karena kalau sudah nggak ada promo bebas ongkir, ongkos kirim akan juga jadi pertimbangan buat pembeli.
Menjual di daring membutuhkan kesabaran sebelum membuahkan hasil.