Sumber Gambar: Daily Express
Menurut Howard Schultz, mantan CEO Starbucks, sebuah perusahaan dapat bertahan dan menghasilkan keuntungan berkelanjutan dengan:
Memikirkan tentang karyawan
[Howard Schultz]: Nilai pemegang saham jangka panjang tidak dapat dicapai secara berkelanjutan kecuali manajemen perusahaan berkomitmen penuh untuk menciptakan nilai jangka panjang bagi karyawannya.
Keduanya terkait. Perusahaan mana pun yang tidak berbagi kesuksesannya dengan karyawan yang bekerja pada mereka tidak akan mampu menghentikan persaingan.
Tawarkan lebih baik dari yang diharapkan
[Howard Schultz]: Itulah kunci kesuksesan perusahaan kami, dan semoga dapat menjadi kunci kesuksesan perusahaan Anda juga. Ini sangat mendasar.
Kita semua menginginkan hal yang sama.
Apapun bahasa mereka, pilihan politik, pilihan mode dan sejarah. Itu tidak berpengaruh.
Kita semua menginginkan hal yang sama.
Kami ingin dihormati sebagai karyawan. Kami ingin dihargai sebagai konsumen. Kami ingin merasa dihargai dalam pekerjaan kami dan sebagai pribadi.
Ketika kita pergi ke toko dan dalam waktu singkat, apakah kita membeli secangkir kopi atau apa pun, kita menginginkan nilai terbaik untuk uang. Kondisi manusia dalam segala hal, baik bisnis, konsumen, dan segala sesuatu di antaranya, selalu terkait dengan psikologi manusia.
Jika Anda dapat melampaui harapan karyawan Anda:
Perlakukan mereka seperti manusia, bukan sekadar akun di neraca perusahaan. Jadi para pekerja ini berbagi perasaan tersebut dengan orang lain dan mereka adalah konsumen.
Baik itu di Kuwait atau Dubai atau pembukaan Starbucks di Prancis, banyak yang mengatakan hal itu tidak akan pernah terjadi. Padahal, kita bisa terus maju dan tangguh karena jiwa manusia tidak mempunyai bahasa baku.
Saat ini dunia penuh dengan sinisme dan iman yang hancur, jika Anda tahu cara menjangkau, menghormati, dan menghargai sesama Anda, maka hal itu akan kembali kepada Anda.
Pesan-nya: Perlakukan karyawan Anda dengan baik karena mereka adalah garda depan bisnis Anda, karyawan yang bahagia akan memperlakukan pelanggan dengan baik. Konsumen yang puas pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan bagi Anda.
Daftar Pustaka:
[1] Howard Schultz – Sharing Success
[2] Howard Schultz – We All Want the Same Thing