Sign Up to our social questions and Answers Engine to ask questions, answer people’s questions, and connect with other people.
Login to our social questions & Answers Engine to ask questions answer people’s questions & connect with other people.
Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.
Please briefly explain why you feel this question should be reported.
Please briefly explain why you feel this answer should be reported.
We want to connect the people who have knowledge to the people who need it, to bring together people with different perspectives so they can understand each other better, and to empower everyone to share their knowledge.
Apakah benar petugas bandara sering mencuri barang penumpang di bagasi?
Sangat benar. Saya pernah kena. Koper saya kuncinya hancur jadinya sekarang tidak bisa dikunci lagi. Tapi waktu itu barang berharga saya selamat. Kok bisa? Jadi gini. Pada saat koper masuk xray. Itu kelihatan isinya. Nah koper yg ada barang berharganya akan ditandai silang pakai sejenis kapur. KemudRead more
Sangat benar.
Saya pernah kena. Koper saya kuncinya hancur jadinya sekarang tidak bisa dikunci lagi. Tapi waktu itu barang berharga saya selamat. Kok bisa?
Jadi gini. Pada saat koper masuk xray. Itu kelihatan isinya. Nah koper yg ada barang berharganya akan ditandai silang pakai sejenis kapur. Kemudian nanti dibelakang dibagian yang loading koper2 ke pesawat akan ada orang yang tugasnya mencari koper dengan tanda silang dan akan mereka bongkar.
Barang berharga saya waktu itu adalah laptop yg saya masukkan ke koper. Tapi setelah lewat xray kan kita ke bagian check in kan. Nah disini mbak2nya mungkin lihat koper saya ada tanda silangnya dan dia kasih tau saya : “Pak, saya yakin didalam koper bapak ada barang berharga. Sekarang juga barang itu bapak keluarkan dan bawa aja sama bapak”. (Maksudnya dipegang aja bawa masuk pesawat tidak usah ditinggal di koper)
Saya bingung dong tapi ya nurut aja karena si mbaknya bersikeras supaya saya mengeluarkan barang berharga tsb yg dia tidak tau apa itu jenisnya.
Alhasil setelah sampai bandara tujuan saya antri ambil koper saya dan setelah itu koper saya dapatkan ya itu kuncinya jebol.
Abis itu setelah saya sampai kota tujuan saya cerita ke temen saya di kota tsb. Temen saya ini orang yang mobilitas naik pesawatnya tinggi. Dia langsung ketawa. “Biasa itu. Kamu naik **** air kan? Pasti lah. Maskapai itu terkenal. Sudah sering kejadian”
Terus dia cerita kenapa si mbak2 dibagian check in tau ada barang berharga. Kemudian dia cerita (edit disini, typo keyboard samsul ngaco, dia cerita kok jadi fia cetis) deh urut-urutan kenapa koper saya bisa ketauan ada “isinya” dan dibagian mana akan terjadi pencuriannya. Nah kebetulan aja saat itu saya bertemu dengan karyawan yg masih polos sehingga dia mau berbaik hati menyelamatkan saya.
See lessApakah benar mesin sepeda motor yang tidak dipakai secara harian mudah rusak?
Kalau penyimpanannya asal-asalan, bisa rusak walau cuma di taruh di garasi saja. Apa aja yang pertama rusak? Ini urutannya berdasarkan pengalaman. Aki. Seperti media penyimpanan listrik pada umumnya, aki akan mengalami self-discharge secara perlahan. Masalahnya saat aki kehilangan dayanya maka di seRead more
Kalau penyimpanannya asal-asalan, bisa rusak walau cuma di taruh di garasi saja.
Apa aja yang pertama rusak? Ini urutannya berdasarkan pengalaman.
- Aki. Seperti media penyimpanan listrik pada umumnya, aki akan mengalami self-discharge secara perlahan. Masalahnya saat aki kehilangan dayanya maka di setiap cell aki-nya akan muncul kerak sulfur akibat reaksi kimia. Kalau pemakaian normal, kerak tersebut akan timbul hilang seiring dengan daya yang disimpan dan dikeluarkan. Kalau didiamkan kerak ini akan mengeras dan sulit sekali dibersihkan. Jadi mengatasinya adalah meminimalkan self-disharge dengan mencopot kontak aki ke motor disimpan dan rutin dicharge setiap 1–2 minggu sekali untuk merontokkan kerak sebelum jadi keras.
- Tangki Bensin. Kualitas bahan bakar yang buruk akan menyebabkan karat didalam tangki bensin, terutama kalau diisi premium. Apalagi kalau kendaraan tersebut terpapar langsung sama hujan. Tangki keropos dan bolong hasilnya kalau kendaraan jarang di panaskan. Mengatasinya kalau disimpan sangat lama lebih baik tangki dikuras isinya, lalu dimasukkan oli sedikit untuk melapisi tangki agar tidak mudah karat.
- Sistem karburator / injeksi. Imbas dari karat di tangki akan merusakkan part ini. Karat akan menyumbat distribusi bahan bakar ke mesin. Bikin mesin brebet dan susah dinyalakan.
- Oli. Seperti benda cair pada umumnya, oli juga akan menguap, kalau jarang dicek oli bisa mengering dan menghasilkan gumpalan seperti dodol didasar mesin. Kalau sudah begini harus bongkar mesin, dibersihkan semua partnya.
- Ban. Karet ban juga ada kadaluarsanya. Walau hanya disimpan karet ban lama-lama akan getas dan pecah-pecah. Bisa berbahaya kalau sampai pecah dijalan. Kadaluarsa ban itu sekitar 2–3 tahun sejak tanggal produksi (biasanya ada kode di ban perihal waktu produksi ban). Jadi kalau tersimpan terlalu lama, sebelum dipakai lagi, pastikan kondisi ban masih layak untuk dikendarai. Jangan sampai pecah dan robek dijalan karena struktur ban sudah buruk.
- Packing mesin. Karet seal mesin juga sama seperti ban, lama-lama akan getas dan rusak dengan sendirinya. Biasanya 3–4 tahun umur packing karet ini. Cek saja jika ada kebocoran oli mesin, part ini bisa jadi sudah tidak layak pakai.
- Kabel kelistrikan. Disimpan lama bisa bikin sambungan kabel listrik jadi karat dan berkerak, bahkan bisa putus kalau apes digigit tikus.
- Lubrikasi part. Part yang terus bergerak seperti as roda, komster stang, tuas rem dsbnya bisa kering lubrikasinya seiring dengan waktu. Lumasi setiap 6 bulan sekali untuk menghindari karat dan kerak.
- Minyak rem. Minyak rem itu bisa merusak jeroan hidrolik rem kalau sudah terkontaminasi air. Ganti setiap 1–2 tahun sekali atau saat sudah terlihat keruh warnanya.
- Cat dan plastik. Proses oksidasi akan tetap berjalan walaupun motor tidak dinyalakan. Cat akan kusam, bodi plastik akan memudar dan memutih. Hindari terkena sinar matahari langsung dan ruangan yang terlalu lembab jika ingin mengurangi efek oksidasi tersebut. Hindari juga terlalu lama membiarkan kotoran lumpur menempel pada motor saat disimpan lama. Lumpur mengandung kadar garam cukup tinggi, hanya butuh hitungan bulan untuk menyebabkan karat pada motor jika tidak segera dibersihkan.
See lessApakah teman-teman memiliki rekomendasi buku yang akan membantu saya dalam menyusun karya ilmiah? (Seperti langkah-langkah, pedoman, dan lain-lain).
Kalau lomba atau jurnal umumnya ada pedoman di lomba/ website jurnal tersebut Kak. Untuk menambah referensi terkait tips dan trik bisa juga buka ipusnas Kak buat cari buku. Atau juga bisa mengikuti seminar/ event membahas hal tersebut. Lebih konkretnya, kita bisa mencontoh dari karya tulis dari evenRead more
Kalau lomba atau jurnal umumnya ada pedoman di lomba/ website jurnal tersebut Kak. Untuk menambah referensi terkait tips dan trik bisa juga buka ipusnas Kak buat cari buku. Atau juga bisa mengikuti seminar/ event membahas hal tersebut. Lebih konkretnya, kita bisa mencontoh dari karya tulis dari event/ instansi yang akan kita ikuti tersebut pada tahun sebelumnya, coba tanya kakak kelas/ tingkat untuk minta contoh.
Bisa juga ikut komunitas/ organisasi/ ukm yg mewadahi minat kepenulisan, biasanya mereka sering buat webinar atau berbagi contoh karya ilmiah.
See lessGaji saya di bawah 3 juta/bulan. Manakah yang lebih benar, bekerja dan mencoba membuka usaha lalu berinvestasi atau bekerja sambil berinvestasi?
Bekerja sambil kursus/ belajar/ sekolah lagi. terlalu ambil resiko jika kamu langsung terjun ke dunia usaha dan berinvestasi. (kecuali kamu memang sudah punya ilmunya) bisa ambil beberapa pola dari orang sukses. belajar ilmu/ skill yang bisa digunakan ditempat kerja tapi kelak bisa juga digunakan unRead more
Bekerja sambil kursus/ belajar/ sekolah lagi.
terlalu ambil resiko jika kamu langsung terjun ke dunia usaha dan berinvestasi. (kecuali kamu memang sudah punya ilmunya)
bisa ambil beberapa pola dari orang sukses.
btw 90% usaha baru tutup dalam 2 tahun pertama. dan dari 90%nya tersebut 80% tutup dalam 5 tahun atau tidak berkembang alias hanya survive.
juga 95% trader itu rugi di 1 tahun pertama, dan 50% yang terus berusaha/ mencoba 50% tetap rugi di tahun kedua. artinya hanya 2 dari 1000 trader baru yang bisa survive dan profit di 2 tahun pertama. tapi kalau terus latihan minimal 3 tahun, sampai ketemu “aha”, maka biasanya bisa profit stabil setelah tahun ke 3.
kecuali kamu punya mentor.
See lessApakah saham Unilever masih undervalue? Apakah masih mungkin untuk mengharap kenaikan harganya diatas kenaikan IHSG?
Pertama dipahami dulu apa itu undervalued. Konsep undervalued artinya harga suatu saham berada dibawah nilai intrinsiknya (nilai sebenarnya). Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menilai apakah suatu saham tergolong undervalued atau tidak. Salah satunya adalah dengan melihat rasio Price EaRead more
Pertama dipahami dulu apa itu undervalued. Konsep undervalued artinya harga suatu saham berada dibawah nilai intrinsiknya (nilai sebenarnya).
Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk menilai apakah suatu saham tergolong undervalued atau tidak. Salah satunya adalah dengan melihat rasio Price Earningnya. PER rumusnya adalah Price / EPS
(ingat ini salah satu metode saja, masih ada banyak metode valuasi yang layak dan sangat wajar jika dikombinasikan dalam memvaluasi harga suatu saham seperti PBV, DCF, CAPM, ROE Du Pont dll)
Untuk saat ini jika dilihat dari PER posisi 19 Juli 2019 , PER UNVR adalah sebesar 49.95 dengan EPS sebesar 917 dan PBV sebesar 38.55 (Sumber Harian Kontan tanggal 20 Juli 2019).
Dilihat dari angkanya saja jelas terlihat bahwa PER UNVR saat ini sudah sangat besar..idealnya dari beberapa sumber mengatakan PER yang masih dikatakan undervalued adalah dibawah 15 (secara umum) atau paling tidak berada dibawah rata-rata industrinya.
Ternyata jika dilihat secara historikal posisi PER UNVR dalam kurun waktu 10 tahun terakhir memang saat ini masih dibawah rata-ratanya seperti yang dapat dilihat di gambar diatas.
Bagaimana dengan 5 tahun terakhir ?
Juga masih dibawah rata-rata historikal PERnya.
Bagaimana jika dibandingkan dengan sektor dan industrinya?
Unilever masih sangat diatas rata-rata rasio PER nya.
Jadi berdasarkan 3 data diatas saya bisa menyatakan bahwa UNVR tidak bisa dikatakan undervalued. Tapi dari rata-rata PER 5 dan 10 tahun maka ada peluang UNVR akan naik kembali .
Bukan berarti saham ini jelek atau tidak layak beli,, dengan portofolio produk yang sangat beragam dan nama baik serta penguasaan pasar yang sudah dalam di Indonesia. Produk-produk Unilever bisa kita jumpai dengan mudah dan beberapa menjadi penguasa pasar.
Apakah masih mungkin mengharapkan kenaikannya harganya diatas IHSG? Saya bisa katakan ketika perusahaan seperti UNVR sudah tergolong mature (salah satu cirinya melihat dividen pay out ratio UNVR yang mencapai 100%), maka kecenderungan volatilitasnya tidak terlalu ekstrim dan harganya pun sepertinya belum bisa mengalahkan kinerja IHSG.
Artikel ini bisa membantu dalam mengambil keputusan :
Semoga bisa membantu 😀
Edit Jawaban :
Dengan kondisi bursa yang sepertinya sedang bergejolak karena adanya sentimen virus korona dan dampak lanjutannya maka harga saham ini kemungkinan akan susah kembali ke harga yang sebelumnya dalam kurun waktu selama 2020 ini.
VIdeo analisanya bisa dilihat disini :
Analisa Saham UNVR
See lessKapan dan bagaimana Anda menemukan makna hidup? Dalam bentuk/wujud apa makna hidup tersebut?
Saya seorang nihilis. Makna hidup yang sejati belum saya temukan. Namun dari berbagai wawasan yang saya tahu, ketika kau sudah hidup, melakukan yang terbaik demi diri sendiri dan sekitar meskipun besar resiko itu sangat penting.. Dunia ini sebenarnya tidak bermakna, maka dari itu berilah sebuah maknRead more
Saya seorang nihilis. Makna hidup yang sejati belum saya temukan. Namun dari berbagai wawasan yang saya tahu, ketika kau sudah hidup, melakukan yang terbaik demi diri sendiri dan sekitar meskipun besar resiko itu sangat penting..
Dunia ini sebenarnya tidak bermakna, maka dari itu berilah sebuah makna..
See lessAdakah sebuah kalimat yang membuatmu terus bersemangat?
“Tenang, uripmu bakal enak.” (Tenang, hidupmu bakal enak) Sepotong kata yang keluar dari mulut seorang lelaki setengah baya di dalam mimpi di akhir tahun 90-an terus membantu melewati semua masa-masa tersulit di dalam hidup saya. Saat itu umur saya masih menginjak pertengahan 20-an. Hidup terasa sanRead more
“Tenang, uripmu bakal enak.”
(Tenang, hidupmu bakal enak)
Sepotong kata yang keluar dari mulut seorang lelaki setengah baya di dalam mimpi di akhir tahun 90-an terus membantu melewati semua masa-masa tersulit di dalam hidup saya.
Saat itu umur saya masih menginjak pertengahan 20-an. Hidup terasa sangat berat. Tekanan keuangan membayangi setiap langkah karena saya harus membiayai semua anggota keluarga, sementara pendapatan tetap stagnan tak bergerak.
Pekerjaan terasa berat karena harus menghela perusahaan di tengah kelesuan ekonomi negara yang baru mencoba bangkit dari krisis ekonomi di akhir tahun akhir tahun 90-an. Kondisi susah ini membuat koordinasi perusahaan di tempat saya bekerja terasa dipenuhi oleh tekanan keuangan.
Suatu hari saya pulang ke rumah dengan sayap yang terasa mau patah. Hari itu terasa dunia tak berpihak kepada saya.
Sampai sekitar pk. 2 dinihari saya masih tak bisa memejamkan mata. Kemudian tak terasa saya memasuki alam mimpi. Disana saya berhadapan dengan seorang lelaki separuh baya dengan badannya yang liat.
Saya cuma ingat menyorongkan telapak tangan kiri saya untuk dia lihat.
Lelaki itu tampak serius mengamati garis-garis telapak tangan kiri saya. Kemudian dengan sedikit senyum yang ditarik ke sisi bibir kirinya, lelaki itu berkata,”Tenang, uripmu bakal enak.”
Demi mendengar kata itu saya langsung terbangun dan sadar bahwa saat itu saya tertidur di lantai rumah.
Segera saya lihat telapak tangan kiri saya dan sebuah kekagetan menerpa kepala. Garis-garis dalam telapak tangan yang saya sodorkan kepada lelaki setengah baya dalam mimpi tadi ternyata sama persis dengan garis-garis yang terdapat di telapak tangan kiri saya. Sebuah kebetulan, karena seumur hidup sepertinya saya tak pernah mencoba menghapalkan bentuk garis di kedua tangan saya.
Pada dinihari di sebuah tanggal dan tahun yang tak pernah saya ingat dengan persis tersebut, kata-kata yang keluar dari mulut lelaki di dalam mimpi itu mulai menempel di kepala saya.
Sebuah instruksi untuk tak perlu mengkhawatirkan masa depan.
Kata-kata tersebut lumayan membantu saya untuk mengatasi banyak gelombang ganas kehidupan. Sebuah kalimat yang teramat kuat karena di dunia ini saya tak pernah bisa menggantungkan hidup kepada orang lain. Hanya diri sendiri dan sebuah ilusi akan “hidup enak” yang menemani langkah kaki dalam menjejaki dunia.
See less