Apakah ada rumus untuk menyelesaikan rubrik?
Sign Up to our social questions and Answers Engine to ask questions, answer people’s questions, and connect with other people.
Login to our social questions & Answers Engine to ask questions answer people’s questions & connect with other people.
Lost your password? Please enter your email address. You will receive a link and will create a new password via email.
Please briefly explain why you feel this question should be reported.
Please briefly explain why you feel this answer should be reported.
Bagi sebagian orang, bahkan kebanyakan menyelesaikan permainan ini sangat sulit.
Inti dari bermain rubik adalah berlogika dengan benar melalui matematika meskipun secara tak sadar. Kurang lebih ini permainan matematika lainnya seperti permainan catur juga. Membutuhkan transformasi geometri yang banyak.
Pada rubrik 3×3 kamu harus memperhatikan struktur pusat, sisi dan ujung. Sebagai catatatn sisi pusat rubrik 3×3 tidak pernah berubah.
Rumus dasarnya warna putih lawannya kuning, merah lawannya orange, biru lawannya hijau. Untuk pergerakannya sendiri, setidaknya ada 9 algoritma dasar(gerakan satu lapis) dan 6 algoritma ganda(gerakan 2 lapis) dengan lawannya (accent/aksen). Sehingga setiap algoritma pergerakannya dapat diketahui dan bisa dipahami dengan baik.
Berikut 9 algoritma dasar(gerakan satu lapis) beserta inversenya :
18 pergerakan satu lapis ( algoritma dasar rubik ) yang dijelaskan dalam gambar diatas ! Berikut sedikit penjelasan pergerakan satu lapis :
R = ( Right ) Sisi kanan digerakkan ke atas
R’ = ( Right accent ) Sisi kanan digerakkan ke bawah
M = ( Middle ) Sisi tengah digerakkan ke atas
M’ = ( Middle accent ) Sisi tengah digerakkan ke bawah
L = ( Left ) Sisi kiri digerakkan ke atas
L’ = ( Left accent ) Sisi kiri digerakkan ke bawah
U = ( Up ) Layer 3/bagian atas digerakkan ke kiri
U’ = ( Up accent ) Layer 3/bagian atas digerakkan ke kanan
E = ( Equator ) Layer 3/bagian tengah digerakkan ke kiri
E’ = ( Equator accent ) Layer 3/bagian tengah digerakkan ke kanan
D = ( Down ) Layer 1/bagian bawah digerakkan ke kiri
D’ = ( Down accent ) Layer 1/bagian bawah digerakkan ke kanan
F = ( Front ) lapisan depan diputar ke kanan/searah jarum jam
F’ = ( Front accent ) lapisan depan diputar ke kiri/berlawanan arah jarum jam
S = ( Slice ) lapisan tengah diputar ke kanan/searah jarum jam
S’ = ( Slice accent ) lapisan tengah diputar ke kiri/berlawanan arah jarum jam
B = ( Back ) lapisan belakang diputar ke kanan/ searah jarum jam
B’ = ( Back accent ) lapisan belakang diputar ke kiri/berlawanan arah jarum jam
Perlu diingat, bahwa setiap pergerakan satu kali dalam algoritma rubik itu berputar 90°. Untuk mendapatkan satu putaran rubik, kamu harus memutar dengan algorima yang sama sebanyak 4x. Ya, satu putaran rubik sama saja dengan berputar 360°.
Tanda aksen (‘) bertujuan untuk membedakan sutu arah pergerakan. Setiap aksen (‘) pasti selalu berlawanan arah jarum jam kecuali pergerakan L, L’ , l dan l’ . Dan perlu diketahui juga, ada istilah dua kali putaran/ 180° yang disimbolkan sebagai “2”. Seperti R2, U2, F2, L’2 dan lain sebagainya.